UCB Gempur Kayu Putih

Penyakit Diabetes Melitus atau yang sering disebut dengan penyakit kencing manis adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar glukosa atau gula dalam darah. Pada saat sekarang ini bukan hanya orang dengan usia 40 tahun keatas yang terkena diabetes tetapi orang dengan kisaran umur 20 an juga bisa terkena diabetes bukan hanya karena faktor genetik atau keturunan ada juga faktor kebiasaan dan pola makan yang tidak terkontrol seperti kebiasaan orang jaman sekarang yang senang mengkomsumsi junk food. Oleh karena itu, Mahasiswa semester 4 prodi Keperawatan Universitas Citra Bangsa pada kesempatan ini mengajak masyarakat Kelurahan Kayu putih RT 012/ RW 003 mengenal penyakit Diabetes didampingi oleh Dosen NS. Angela Muryanti Gatum S.Kep dan dihadiri oleh ibu RT 012 kegiatan telah dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2019.

Sebagaimana penyuluhan dan pengabdian masyarakat adalah kegiatan wajib mahasiswa prodi keperawatan UCB setelah proses pembelajaran di setiap semester berakhir sebagai bagian dari proses pembelajaran, selain proses belajar mengajar dikelas mahasiswa dibekali dengan skill di lab keperawatan dan diberikan ujian lab untuk mengasah keterampilan mahasiswa agar dapat di implementasikan ke masyarakat dalam bentuk penyuluhan dan pengabdian masyarakat. Penyuluhan kesehatan dan pengabdian masyarakat di RT 012/ RW 003 terdiri dari pembukaan dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Rafidah Rasyid, pada sesi pertama mahasiswa UCB memperkenalkan dan berbagi informasi kepada masyarakat tentang penyakit diabetes melitus mengenai penyebab, tanda dan gejala, pencegahan, komplikasi dan pola hidup sehat pada penderita diabetes. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan sharing oleh masyarakat, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan seperi tes kadar glukosa dan tensi yang disambut antusias masyarakat RT 012.

Di penghujung acara para mahasiswa dan dosen pendamping melakukan evaluasi dengan menanyakan bagaimana perasaan masyarakat setelah diberikan penyuluhan kesehatan tentang penyakit diabetes melitus.

“Kami sangat senang dan merasa antusias karena adik-adik mahasiswa tidak hanya berbagi informasi tetapi juga melakukan pemeriksaan kesehatan dimana jarang sekali kegiatan seperti ini yang diselingi dengan tindakan pemeriksaan”. Kata ibu RT

“Kegiatan pengabdian masyarakat sebagai salah satu bentuk dan sarana adik-adik mahasiswa belajar dan mengembangkan potensi untuk melatih skill dan tampil didepan umum sebagai bekal menjadi tenaga kesehatan yang profesional di bidangnya”. Jelas Ns. Angela.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + twelve =