Program Studi Pendidikan Informatika

Visi Program Studi Pendidikan Informatika adalah :

“Menjadi Program Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berkualitas dan terkemuka dengan memegang kaidah keilmuan, teknologi dan norma serta memberi penguatan pada pengembangan sistem dan proses pendidikan dan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di sekolah”.

Misi Program Studi Pendidikan Informatika adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
  2. Memberdayakan sumber daya secara optimal dan mandiri.
  3. Menyediakan pendidik Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mampu membangun keilmuan TIK anak didik dengan baik.
  4. Bekerjasama dengan pihak lain untuk menjamin perkembangan dan peningkatan kualitas, akuntabilitas, fungsi, serta peran program studi sekaligus mendukung visi dan misi STKIP Citra Bina Nusantara.

Tujuan

Merujuk Kepmendiknas No. 232/U/2000 tentang tujuan pendidikan program sarjana maka tujuan Program Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan CBN adalah mendidik mahasiswa agar :

  1. Memiliki sikap dan etika hidup yang sesuai dengan norma, agama, hukum kenegaraan, dan pendidikan.
  2. Memiliki sifat dan sikap mendidik yang jauh dari perbuatan tercela dan merugikan.
  3. Menguasai keilmuan pendidikan sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan pemecahan masalah pendidikan.
  4. Menguasai dasar-dasar keilmuan Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan pemecahan masalah pada bidang keilmuan teknologi informasi komunikasi serta mampu membangun keilmuannya tersebut pada siswa.
  5. Memiliki keterampilan dalam implementasi keilmmuan teknologi informasi komunikasi dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tata kehidupan bersama.
  6. Memiliki kemampuan beradaptasi dengan kemajuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  7. Memiliki ketajaman cara berpikir analitis di dalam penelitian maupun pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  8. Memiliki kesiapan mengembangkan diri untuk mencapai derajat akademik lanjut yang lebih tinggi.